Cara Menghilangkan Tanda Silang Merah Pada Baterai Laptop

3
Cara Menghilangkan Tanda Silang Merah Pada Baterai Laptop

Munculnya tanda silang merah disertai peringatan consider replacing your battery pada baterai laptop memang membuat banyak pengguna windows 7 menjadi kebingungan. Hal ini sangat wajar, karena bagaimanapun kesehatan perangkat adalah hal yang penting terutama untuk orang yang sibuk bekerja di depan laptop ataupun notebooknya.

Lalu bagaimana cara menghilangkan tanda silang merah pada baterai laptop yang ada di windows 7?

Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery

Sabar ya, karena sebelum saya menjelaskan solusinya, ada beberapa poin penting yang wajib kamu ketahui tentang masalah ini.

Dengan munculnya tanda silang merah dan peringatan consider replacing your battery pada laptop yang kamu pakai, sebenarnya windows 7 telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengoptimalkan salah satu fiturnya kepada pengguna. Fitur ini hadir dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada pengguna bahwa performa baterai yang tertanam pada laptop tersebut sudah tidak optimal lagi.

Dengan begitu, pengguna dapat bersiaga dan menyiapkan dana untuk membeli baterai laptop yang baru. Dan tindakan ini pasti akan terjadi ya, cepat atau lambat kamu memang harus mengganti baterai laptop tersebut.

Tapi apakah ada solusi untuk mengatasi tanda silang merah pada baterai laptop tersebut?

Sampai saat ini belum ada satupun cara ampuh untuk mengatasi masalah tersebut kecuali membeli baterai laptop yang baru. Jikapun ada 1000 macam cara yang tersebar di internet, saya yakin bahwa tutorial itu hanya sekedar mengakali dan bukan mengatasi.

Tapi bukankah postingan ini bertujuan untuk memberikan solusi dan tutorial untuk menghilangkan tanda silang merah di baterai laptop?

Ya benar! Namun kembali ke poin utama, bagaimanapun kamu harus segera menabung untuk mengganti baterai laptop tersebut ya. Pesan ini saya sampaikan secara pribadi agar pembaca di sini tidak merasa disesatkan.

Nah untuk kamu yang sudah paham namun masih terkendala biaya baterai laptop yang kamu gunakan, mungkin saja tutorial yang ada dibawah ini bisa sedikit membantu.

Cara Menghilangkan Tanda Silang Merah Pada Baterai Laptop dan Notebook

Disini saya akan memberikan 2 cara yang terbukti bekerja untuk beberapa pengguna dalam mengatasi tanda silang merah di baterai laptop. Berikut tutorial termudah yang berhasil saya rangkum.

1. Menggunakan Teknik Kalibrasi (Recommended)

Saya pribadi menyarankan pembaca untuk mencoba teknik kalibrasi ini terlebih dahulu. Mengambil pengalaman pribadi penulis yang sudah menguji cara ini, ternyata teknik kalibrasi memang bisa menghilangkan tanda silang merah pada baterai laptop.

Selain menghilangkan tanda silang, dengan menggunakan teknik kalibrasi ini kamu juga bisa mengukur seberapa lama daya baterai yang kamu miliki.

Dan inilah langkah-langkah menggunakan teknik kalibrasi.

  • Cobalah untuk mematikan laptop anda terlebih dahulu. Dalam keadaan mati, silakan charge laptop anda sampai 100% penuh.
  • Masih dalam keadaan di charge, cobalah untuk menghidupkan laptop anda ke Safe Mode. Caranya mudah, yakni saat laptop mencoba untuk dinyalakan (booting) kamu bisa menekan f8 berulang kali dan memilih safe mode.
  • Saat laptop berhasil menyala dengan tampilan layar kaca ala Safe Mode, kamu sudah boleh melepas charger yang kamu gunakan.
  • Dalam keadaan apapun, cobalah untuk tidak menggunakan laptop tersebut. Biarkan laptop itu terdiam sampai baterainya habis dan laptopnya pun mati. Pada momen-moen tersebut cobalah untuk mengukur seberapa besar daya baterai yang masih bisa digunakan alias tidak rusak.
  • Charge kembali laptop tersebut dan nyalakan seperti biasanya. Jika beruntung, tanda silang merah pada baterai laptop akan hilang.

Cara Menghilangkan Tanda Silang Merah Pada Baterai Laptop di Windows 7

 

Baca juga :

2. Cobalah Dengan Menginstall Service Pack 1

Service Pack 1 adalah layanan update yang diberikan secara gratis oleh pihak microsoft kepada para pengguna Windows 7. Adapun fungsi dari Service Pack 1 ini adalah berguna untuk menambahkan, memperbaiki ataupun memperbaharui seluruh fitur yang ada di Windows 7. Layanan inilah yang akan kita manfaatkan untuk menghilangkan tanda silang merah pada baterai laptop.

Lalu bagaimana cara menghilangkan tanda silang merah pada baterai laptop dengan menggunakan Service Pack 1? Silakan ikuti tutorial yang ada di bawah ini.

  • Pertama, pastikan kamu telah memiliki aplikasi Service Pack 1 ini. Jika belum, silakan unduh pada link yang ada di akhir tutorial.
  • Jangan lupa untuk menginstall aplikasi tersebut, cara menginstall service pack 1 ini cukup mudah dan saya yakin kamu bisa.
  • Setelah selesai diinstall, silakan restart laptop milikmu.
  • Langkah terakhir, silakan klik logo baterai yang ada di layar laptop anda dan centang pilihan warm me if battery may need replacement.

Pilih warm me if battery may need replacement

Link Service Pack 1 : Windows 7 32-bit | Windows 7 64-bit

Akhir Kata

Terimakasih telah membaca artikel cara menghilangkan tanda silang merah pada baterai laptop di windows 7. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar jika ada informasi yang kurang jelas.

3 KOMENTAR

  1. Berarti, pada dasarnya baterai yang sudah mendapatkan notifikasi berupa tanda silang merah dan peringatan berupa consider replacing your battery itu harus siap mengganti dengan yang bary ya min?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here