Melalui artikel yang sudah diperbaharui ini, kami harap semua pembaca dapat segara mengatasi masalah lag ketika bermain mobile legends. Karena apapun masalahnya, kami yakin pasti ada solusinya.

Saat ini, kita semua sepakat bahwa lag yang terjadi pada game mobile legends sudah tergolong parah. Tidak hanya menimpa para pengguna kartu provider besar seperti Telkomsel dan Indosat, belakangan ini pengguna wifi pun ikut merasakan hal yang sama.

Mengingat bahwa kerjasama team merupakan hal penting untuk mencapai kemenangan, kami selalu berupaya untuk menemukan solusi dari masalah ini. Dan setelah mencoba berbagai perangkat berspesifikasi rendah dan beragam fitur yang ada di dalam game, akhirnya kami menemukan cara mengatasi mobile legends lag ini.

Dan inilah 7 cara sederhana yang harus kalian lakukan agar mobile legends tidak sering lag atau patah-patah.

Cara Mengatasi Mobile Legends Lag

1. Aktifkan Fitur Speed Mode

Sebagai pengembang game yang sering mendapatkan kritikan pedas perihal masalah lag, akhirnya Moonton memberikan jalan keluar yang menurut saya sudah sangat membantu. Melalui fitur speed mode ini, ping kalian akan terlihat lebih stabil sehingga meminimalisir kejadian ngelag yang sering kalian alami sebelumnya.

Cara setting speed mode di mobile legends ini cukup mudah yakni dengan :

  • Pertama, silakan klik logo Gear atau Pengaturan yang berada di dekat lambang jaringan.
  • Kedua, pada menu Basic atau Dasar, silakan scroll layar anda sampai paling bawah.
  • Ketiga, pada tab Pengaturan Jaringan, silakan ubah pengaturan Speed Mode dari Off menjadi On.

Untuk kalian yang masih bingung akan konfigurasinya, silakan tonton video berikut ini :

Apakah cara pertama sudah cukup membantu? Kalau belum, yuk lanjut ke cara berikutnya!

2. Pastikan Kapasitas RAM dan GPU Mumpuni

Satu hal penting yang tidak bisa kalian tawar ketika memainkan mobile legends adalah spesifikasi smartphone yang kurang mumpuni.

Sebagai game yang terus berkembang dan melakukan update besar-besaran, tentu Mobile Legends membutuhkan spesifikasi memory yang cukup lega dan kartu grafis yang mumpuni. Jika tidak, bukan hal yang aneh jika Mobile Legends akan terasa lag atau bahkan patah-patah ketika kalian mainkan.

Adapun spesifikasi minimun yang harus kalian penuh adalah sebagai berikut :

  • Prosesor minimum Quad Core
  • RAM minimun 1 GB
  • GPU minimum sekelas Adreno 505

Jika smartphone kalian sudah memenuhi persyaratan di atas dan kalian sudah mengkolaborasikannya dengan cara pertama, hamir tidak mungkin terjadi yang namanya lag pada mobile legends.

Note : Lalu bagaimana nasib pengguna smartphone dengan RAM 512 MB – Kami rasa tidak ada pilihan lain kecuali mengganti smartphone anda dengan perangkat yang spesifikasinya sesuai dengan apa yang kami sebutkan di atas. Adapun informasi ini saya ambil dari ambil dari Forum Mobile Legends yang mungkin saja ingin anda baca.

3. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Cara Mengatasi Mobile Legends Lag

Seperti game online lainnya, Mobile Legends juga butuh koneksi yang cepat dan stabil. Maka tidak heran, ketika kamu ingin berlaga di arena pertarungan terdapat notifikasi maksimal ping 200 ms. Di atas itu, kamu tidak disarankan untuk bermain.

Untuk mengecek baik atau buruk sebuah koneksi, kamu bisa melihat jumlah ping yang tertera di smartphone. Jika di bawah 200 ms, berarti koneksimu stabil dan pas digunakan untuk bermain. Namun jika di atas 200 ms, lebih baik dekati sumber jaringan atau cari lingkungan yang agak terbuka.

Baca Juga: Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G

4. Bermain di Jam Produktif atau Tengah Malam

Cara Mengatasi Lag Mobile Legends

Masalah server penuh memang seringkali terjadi pada game berbasis online. Terutama untuk game baru yang sedang naik daun. Lonjakan jumlah pengguna tentu dapat mempengaruhi kualitas bermain anda.

Untuk cara mengatasi mobile legends lag berikutnya, anda bisa memilih waktu yang tepat untuk bermain. Jam produktifitas dan tengah malam menjadi pilihan utama untuk bermain game. Ketika orang sibuk bekerja, belajar, ataupun tertidur anda bisa bermain game tanpa takut kendala server penuh.

5. Menurunkan Kualitas Grafis

Cara Mengatasi Mobile Legends Lag

Untuk anda yang belum bisa menjangkau jaringan 4G ataupun wifi belum stabil, saya menyarankan anda untuk mengubah pengaturan awal.

Mobile Legends sendiri menyediakan 3 pilihan kualitas grafis untuk para gamer yakni Low, Mid dan High. Untuk anda yang memiliki koneksi kurang stabil, silakan ubah pengaturan grafis menjadi Low. Dan untuk anda yang memiliki koneksi stabil dan cepat, Grafis High tentu akan menambah pengalaman bermain anda.

Lalu cara mengubahnya bagaimana?

  • Pertama, silakan klik akun anda yang terletak di pojok kiri atas.
  • Pada menu Basic Info (Informasi Dasar), silakan klik Option (Pengaturan)
  • Ubah centang pada menu Grafis dari Mid menjadi Low

Mudah bukan?

6. Menghentikan Seluruh Aplikasi Lainnya

Cara Mengatasi Mobile Legends Ngelag

Walaupun smartphone anda mendukung kegiatan multitasking dan memiliki RAM 1GB, namun ada baiknya untuk menghentikan seluruh proses aplikasi yang berjalan. Bukan tanpa alasan, jika ada beberapa aplikasi berat yang sedang berjalan tentu saja akan memberatkan smartphone anda.

Menghentikan aplikasi bisa menjadi pilihan yang tepat dan bisa dianggap sebagai solusi dari masalah ngelag saat bermain mobile legends.

Baca Juga : Build Karina Terkuat

7. Atur Baterai Dalam Mode Performa

Dari pengalaman saya memakai beberapa smartphone, Asus merupakan salah satu smartphone yang menyediakan option terlengkap dalam urusan baterai.

Nah fitur ini bisa kita manfaatkan ketika sedang bermain game mobile legends. Mode Performa adalah pilihan tepat untuk mencegah terjadinya mobile legends lag. Ya, walaupun baterai akan jadi lebih boros namun setidaknya bisa mengurangi ngelag saat bermain game.

8. Jangan Sambil di Charger

Cara Mengatasi Lag Mobile Legends

Cara mengatasi mobile legends lag yang terakhir adalah dengan menghindari kebiasaan buruk bermain game sambil men-charger smartphone. Selain mengatasi lag saat bermain game, tips ini juga bisa menghindari kerusakan dini baterai smartphone milikmu.

Saat kamu men-charger smartphone, biasanya sistem akan langsung mengaktifkan mode hemat daya yang mana dapat menurunkan performa dari smartphone itu sendiri. Nah hal inilah yang menyebabkan lag saat bermain mobile legends.

Maka dari itu, ada baiknya jika kamu mengecek dahulu kapasitas baterai yang kamu miliki sebelum bermain game mobile legends.

Dan itulah beragam tips untuk mengatasi game mobile legends lag. Semoga dengan diperbaharuinya artikel ini, masalah lag yang kamu hadapi dapat teratasi.