Cara Mengatasi Kursor Loading Terus Menerus dan CPU Usage 100%

9
Cara Mengatasi Kursor Loading Terus dan CPU Usage 100%

ID Kurir : Tips dan Trik – Inilah langkah mudah cara mengatasi kursor loading terus menerus akibat cpu usage 100% dan kursor yang suka kedap kedip.

Minggu lalu, saya mendapatkan banyak pesan di email tentang beragam masalah yang biasa terjadi pada laptop ataupun komputer. Seperti biasa, masalah-masalah tersebut sangatlah beragam.

Namun diantara masalah-masalah tersebut, banyak sekali pengguna windows 7, 8, dan 10 yang bertanya-tanya mengenai masalah kursor yang terjadi pada laptop / komputer mereka.

Dan masalah yang sering terjadi pada kursor laptop tersebut adalah :

  • Masalah kursor yang sering macet
  • Masalah kursor yang loading terus menerus
  • Masalah kursor yang suka kedap kedip
  • Dan masalah kursor yang tidak bisa digerakkan

Dan buruknya lagi, masalah kursor ini identik sekali dengan penyakit laptop komputer kelas kakap!

Ya.. Walaupun hanya terlihat seperti masalah sepele, namun masalah ini bukanlah masalah yang bisa dipandang sebelah mata.

Dari pengalaman saya sendiri, saya hampir frustasi saat masalah kursor loading terus menerus ini terjadi pada laptop saya, 2 tahun yang lalu.

Kinerja laptop turun drastis, nge- lag nya bukan main, dan untuk membuka microsoft office pun terasa sangat berat. Duh, saat mengingat masa-masa itu saya merasa tersiksa sendiri.

Dan Inilah Panduan Lengkap : Cara Mengatasi Kursor Loading Terus Menerus di Windows 7, 8, dan 10

Berusaha tenang dan mencoba mencari jalan keluar dari masalah ini, hari itu saya menemukan langkah sederhana yang mana dapat mengakali masalah kursor loading terus menerus pada laptop.

Lalu bagaimana sih cara mengatasi a.k.a mengakali kursor yang loading terus menerus pada komputer dan laptop? Yuk simak caranya dibawah ini :

  1. Pertama, hidupkanlah laptop anda.
  2. Setelah hidup, cobalah untuk menghiraukan kursor anda yang selalu memunculkan gambar loading.
  3. Klik kanan sembarang tempat pada dekstop anda.
  4. Pilih personalize
  5. Akan muncul sebuah popup, dan carilah menu yang bertuliskan “change mouse pointer
  6. Saat kamu sudah memilih menu change mouse pointer, maka kamu akan mendapatkan popup baru yang mana terlihat seperti tampilan dibawah ini :

Cara Mengatasi Kursor Loading Terus Menerus

Penting : Perhatikan bagian yang dilingkari warna merah! Bagian itulah yang akan kita rubah menjadi gambar yang berbeda

Untuk mengubah logo yang dilingkari kotak berwarna merah, kamu hanya perlu melakukan double klik pada gambar dan memilih logo baru yang mana memiliki tampilan seperti dibawah ini!

Cara Mengatasi Kursor Loading Terus Menerus dan Suka Kedap Kedip

Penting : Pastikan logo yang dilingkari berubah menjadi gambar seperti yang ada diatas ya!

Setelah mengubah logo tersebut, kamu bisa klik apply dan klik ok. Selesai deh! Mudah banget kan?

Lalu apakah masalah kursor loading terus menerus sudah selesai?

Belum! Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa langkah-langkah tersebut bukanlah cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Masalah yang sebenarnya adalah Masalah CPU Usage 100% yang mungkin terjadi pada perangkat anda.

Cara mengetahui masalah CPU Usage ini ternyata cukup gampang! Yakni bisa dilakukan dengan cara :

  • Klik kanan pada bar bawah dekstop
  • Lalu pilih Start Task Manager
  • dan pilih menu Processes
  • Lihat jumlah kinerja CPU Usage yang terletak dibawah popup

Masalah CPU Usage 100% bisa saja hadir pada perangkat anda dan membuat kinerja perangkat semakin berat sehingga menyebabkan terhambatnya aktifitas anda.

Baca Juga :

Salah satu petunjuk bahwa CPU Usage atau kinerja CPU yang sudah penuh adalah loading kursor yang tak bisa berhenti memutar.

Lalu faktor apa sajakah yang bisa menyebabkan CPU Usage sampai 100% pada laptop anda?

Bisa jadi, faktor-faktor dibawah ini merupakan penyebab utama dari masalah cpu usage 100% yang anda hadapi yuk intip!

  1. Kinerja Aplikasi Yang Berlebihan
  2. Startup Aplikasi terlalu banyak
  3. Virus

Nah, dari penyebab atau faktor di atas, yang paling mengerikan adalah apabila perangkat kamu terjangkit virus. Karena sebagaimana kita ketahui, bahwa virus merupakan sosok yang sangat menjengkelkan.

Adapun virus yang sering muncul ketika CPU Usage sampai 100% adalah virus browser seperti MyBrowser, Advanced System, dan Crossbrowser.

Jadi, jika kamu mendapati software atau aplikasi yang menyerupai aplikasi browser dan antivirus, maka kamu wajib menguninstall aplikasi tersebut! Karena sudah bisa saya pastikan, bahwa aplikasi tersebut adalah malware yang berusaha mencuri atau merusak data di laptop anda.

Dari pangalaman saya pribadi, beberapa aplikasi malware tersebut sangat susah untuk di uninstall. Jadi bagi kamu yang kesusahan untuk menguninstall seluruh software penganggu itu, maka saya merekomendasikan aplikasi CCleaner.

Cara Mengatasi Kursor Loading Terus dengan CCleaner

Saat berhasil menguninstall seluruh aplikasi atau software yang teridentifikasi malware, saatnya untuk memastikan bahwa cpu usage sudah kembali normal.

Jika presentase CPU Usage sudah berada pada titik 9-24% maka perangkap laptop/komputer kamu sudah kembali normal. Yeay!

Jadi, jika cpu usage telah normal, maka kamu bisa mengembalikan settingan kursor ke mode awal ya!

Jika diantara kamu masih ada yang bingung tentang cara mengatasi kursor loading terus menerus disertai cpu usage yang sampai 100 % maka silakan berikan komentar kamu di kolom yang sudah disediakan ya!

9 KOMENTAR

  1. laptop saya sering banget CPU usagenya 100% , padahal Startup sudah disabel semua , yg jalan cuma beberapa aplikasi saja . Kalau sedang browsing juga browser sering not responding , kenapa ya gan ?

    • Nah, bisa jadi itu.. apalagi presentase CPU Usagenya sampai 100%, bisa gawat itu.. kalau memang sering terjadi mending checking-checking program mas.. lalu uninstall program berbahaya dengan manual atau dengan ccleaner.. semoga membantu

  2. keren gan membantu bngeet artikelnya gan soalnya komputer saya sering juga ggt biasanya langsung sayang matiin kalo ga restart langsung aja

  3. oh ternyata bukan cuma karena cache penuh ya, jadi memperlambat kinerja laptop… sering sih ngalamin gitu, kursor loading mulu ga kelar – kelar hehe

  4. Saya kira itu cuma bentuknya saja sob, ternyata juga ada fungsinya. Sering tuh, dulu saya main main ganti kursor biasa jadi yang muter muter.

  5. Terimakasih banget ya mas.. ternyata bener.. beberapa software virus memang otomatis terinstall di laptop saya, alhasil saya coba uninstall manual gak bisa.. dan sukses besar setelah pakai ccleaner.. makasih mas, cpu usage jadi normal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here