Review Your Name Anime : Kimi no Na Wa

Anime-Review--Kimi-no-na-wa

Review Your Name anime : Kimi no Na Wa bahasa Indonesia – Setelah sukses dengan beberapa movie anime yang berakhir sedih dan membuat penonton jadi patah hati, Makoto Shinkai kembali menampilkan movie anime yang di gadang-gadang akan memiliki ending yang sama dengan anime sebelumnya.

Kimi no Na Wa atau Siapa Namamu atau Your Name ini merupakan movie anime yang paling ditunggu-tunggu sepanjang tahun 2016. Hal ini memang tak terlepas dari sutradaranya sendiri yaitu Makoto Shinkai yang dikenal lihai dalam menciptakan skenario epik dalam karya buatannya.

Penayangan perdana Kimi no Na Wa ini terjadi di Los Angeles pada tanggal 3 Juli 2016 dalam event bertajuk Anime Expo 2016. Sedangkan di Jepang sendiri, anime ini tayang pada tanggal 26 Agustus 2016 yang lalu.

Dan untuk Indonesia, movie Kimi no Na Wa juga sudah tayang di beberapa bioskop pada tanggal 7 Desember 2016 kemarin.

Lalu apakah kamu sudah menonton movie ini?

Review Kimi no Na Wa Movie

Nah, bagi kamu yang penasaran akan jalan cerita berserta review dari anime ini, bisa membaca terus membaca artikel ini sampai selesai.

Dan bagi kamu yang sedang menghindari spoiler, admin juga berusaha sebaik mungkin agar tidak memberikan spoiler berlebihan kepada pembaca.

Nah, seperti apa sih review anime movie kimi no na wa versi ID Kurir? Yuk simak ulasan dari ID Kurir

Informasi Singkat dari Anime Kimi no Na Wa

Untuk mendaaptkan informasi singkat dari anime kimi no na wa, kamu bisa lihat tabel di bawah ini ya!

JudulKimi no Na Na Wa (Your Name)
TypeMovie Anime
SutradaraMakoto Shinkai
GenreDrama, School, Supernatural, Romance
Durasi1 jam 47 menit
BahasaJepang
StatusTayang, 26 Agustus 2016

Sinopsis Anime Kimi no Na Wa

Mitsuha Miyamizu adalah seorang siswi dari akademi menengah ke atas yang berasal dari daerah Itomori. Ia juga merupakan salah satu penerus penjaga kuil dari keluarga Miyamizu yang mana adalah penenun sekaligus pembuat sake yang dipersembahkan kepada dewa.

Bosan dengan kehidupannya yang terkesan serba kekurangan dan serba dituntut oleh tradisi, Mitsuha berharap di kehidupan berikutnya, ia dapat bertemu dengan pemuda tampan yang tinggal di kawasan Kota Tokyo.

Disisi lain ada Taki Tachibana, seorang pemuda yang tinggal di Kota Tokyo dengan rutinitas sebagai seorang pelajar dan pekerja paruh waktu di sebuah Restoran Italia.

Suatu pagi, Mitsuha terbangun dari tidurnya dan menyadari ada yang salah dengan tubuhnya. Begitupun juga yang dialami oleh Taki. Sampai beberapa hari berlalu, mereka masih menganggap kejadian itu hanya sebagai sebuah mimpi.

Namun setelah mereka sama-sama meninggalkan pesan pada buku catatan dan smartphone, mereka mulai menyadari bahwa tubuh mereka sudah tertukar satu sama lain.

Sayangnya, hal itu tidak bertahan lama. Ketika Nenek Mitsuha bertanya, “apakah kamu sedang  bermimpi?” kepada Taki yang sedang berada di dalam tubuh Mitsuha, tiba-tiba Mitsuha dan Taki terbangun dari tidurnya dan menangisi sesuatu yang bahkan mereka tak tahu.

Dan sejak saat itulah, Mitsuha dan Taki tidak pernah berganti tubuh lagi.

Lalu kesedihan apa sih yang mereka alami pada cerita ini, sampai membuat mereka menangis dan tidak bisa bertemu kembali?

Temukan jawabannya setelah kamu menonton movie ini ya!

Ulasan Kimi no Na Wa Indonesia

Movie ini menceritakan kisah antara 2 remaja, Mitsuha dan Taki yang selalu bertukar tubuh di hari-hari yang berbeda.

Ketika Taki berada di dalam tubuh Mitsuha, Taki benar-benar tampil layaknya seorang pria. Datang sekolah tanpa rambut diikat dan disisir, lalu menjatuhkan meja dengan kakinya layaknya sang penguasa, dan yang paling lucu itu saat melihat kepolosan Taki memegang dada Mitsuha, hahaha..

Baca juga

 

Di lain tempat, ada Mitsuha yang sedang berada di dalam tubuh Taki. Perawakan yang dibawa oleh Mitsuha ini memang sangat feminim. Jadi akan terasa aneh saat melihat Mitsuha berada di dalam tubuh Taki dengan sifatnya yang feminim.

Saat pertama kali admin melihat movie ini, admin langsung menyadari bahwa cerita ini akan menceritakan kisah antara 2 remaja yang saling bertukar tubuh.

Dilanjutkan dengan ekspetasi, mereka berdua akan bertemu, saling jatuh cinta dan menikah saat usia telah dewasa.

Namun sayangnya, ekspestasi ini salah besar!

Kimi no Na Wa ternyata bukan anime rendahan dengan jalan cerita yang murahan. Dari awal anime ini dimulai, banyak sekali teka-teki dan beragam point penting yang mungkin jika dilewatkan akan membuat kita kebingungan dan tak mengerti akan jalan ceritanya.

Bahkan dengan banyaknya perubahan cerita dari ekspetasi yang diberikan penonton, malah membuat kita semakin kegirangan dengan jalan cerita dari anime ini.

Belum lagi dengan permainan latar ruang dan waktunya, dijamin akan menipu dan membuat penonton terus berdecak kagum.

Dari sisi grafis dan semburat meteor yang ada, menunjukan bahwa anime ini punya kualitas yang baik dari segi grafis layaknya anime masa kini.

Selain itu, latar tempat yang ada di anime ini ternyata memang sangat mirip dengan kenyataan yang ada loh. Untuk kejelasannya, kamu bisa lihat foto di atas ini.

Satu lagi kunci keberhasilan anime ini dalam menggaet penonton rasanya tidak hanya berasal dari grafis dan jalan ceritanya saja yang epic. Soundtrax yang mengiringi anime ini juga pantas mendapatkan nilai sempurna karena berperan penting dalam menciptakan beragam suasana.

Adegan romantis yang dibubuhi dengan sisi supranatural membuat penonton semakin dekat dengan karakter Mitsuha dan Taki. Apalagi saat moment kataware-doki di puncak bukit, yang mana mempertemukan Taki dan Mitsuha melalui sake yang dibuat oleh Mitsuha.

Lagi-lagi, adegan romnatis di atas bukit itu tak bisa bertahan lama. Kesabaran penonton kembali di uji lagi melalui perpisahan mendadak yang dikemas dengan sangat baik.

Akhir Anime Kimi no Na Wa : Happy Ending atau Sad Ending?

Sebenarnya admin juga masih bingung sih dalam mendefinisikan ending dari anime ini. Namun bisa dipastikan bahwa ending dari anime ini bukanlah sad ending, sayangnya kurang pas juga bila anime ini dibilang happy ending.

Ya, mungkin bisa dibilang kalau anime ini termasuk anime yang gantung. Setuju?

Kesimpulan

Overall, jalan cerita dari anime ini sudah sangat bagus. Banyak kejutan dan jalan ceritanya pun diluar ekspetasi penonton. Dari segi penjiwaan karakter, saya rasa masing-masing karakter sudah pas dengan porsinya masing-masing.

Kalau dari sisi romantis dan supranaturalnya mah tidak perlu diragukan lagi, ya walaupun berakhir dengan ending yang terkesan gantung sih.

Lalu musikalisasinya, ibarat masakan lezat, musik ini adalah bumbunya. Jadi admin pribadi sangat puas dengan iringan musiknya yang bisa membuat penonton terbawa suasana.

Final Score : 8.8/10

Jika kamu punya pendapat lain mengenai Movie Anime Kimi no Na Wa ini jangan sungkan untuk berkomentar dan memberikan saran ya.

Terimakasih telah membaca artikel Review Your Name Anime : Kimi no Na Wa versi ID Kurir. Jangan lupa untuk share artikel ini ke berbagai media sosial ya.